23 Oct 2012

Penggembala Kambing

 




Di padang gurun pasir yang sangat panas,terdapat seorang anak yang menggembalakan kambing,dia diberi kepercayaan oleh seorang yang kaya raya untuk menjaga dan menggembalakan kambing-kambingnya,jumlah kambing yang digembalakan sebanyak seratus ekor tiap hari dia gembalakan kambing itu.Suatu hari Umar Bin Khatab mendatangi anak itu dan mengajaknya berbicara

Umar : Nak namamu sapa?

Penggembala : Nama saya Fulan

Umar : Pekerjaanmu apa nak?

Penggembala : Menggembalakan kambing

Umar : Nak berapa jumlah kambing yang kamu pelihara?

Penggembala : Semua berjumlah seratus ekor

Umar : Semua kambing ini milik sapa?

Penggembala : Milik tuan saya

Umar : Boleh tidak kambing ini saya beli satu dan uangnya saya kasihkan kamu?

Penggembala : Tidak boleh

Umar : Kenapa tidak boleh?kan tidak ada yang tahu kalo u ga bilang ke tuanmu?

Penggembala : Memang tuan saya tidak tahu kalo saya ambil satu kambingnya,tapi Alloh Maha Melihat

Umar : (terdiam dan takjub mendengar jawaban bocah penggembala kambing ini)

Sejak saat itu bocah diangkat menjadi anak angkat dari Umar Bin Khatab karena kagum dengan kejujurannya.

No comments: